wellcome

Hi5 Layouts

Friday 2 December 2011

Tip Cantik Dan Sehat (9)

"Jangan konsumsi minyak ikan bersamaan dengan obat penurun tekanan darah karena bisa menurunkan tekanan darah secara drastis dan bisa berbahaya."

"Oleskan madu pada permukaan kulit yang luka sebelum dibalut dengan perban. Madu punya sifat antibakteri yang kuat juga mampu menghancurkan hampir semua jenis bakteri yang banyak menginfeksi luka."


"Jangan kompres luka dengan es karena bisa menghambat proses penyembuhan. Kompres luka dengan es membuat hormon

yang berfungsi untuk memperbaiki luka malah tidak keluar."

"Penderita hipertensi atau gangguan jantung disarankan untuk makan makanan yang kaya serat. Salah satunya setelah bangun bagi, minumlah air hangat dengan dengan jus lemon dan madu atau jus segar dari buah apel, anggur, jeruk, nanas."


"Secangkir penuh susu kedelai dicampur dengan satu sendok madu yang diminum setiap malam dapat menjadi solusi penyembuhan penyakit saraf. Ini menyehatkan sistem saraf karena kaya konsentrat lesitin, vitamin B1 dan asam glutamat."


"Terapi air dapat digunakan untuk mengurangi kelebihan kolesterol. Caranya, mandi air dingin sambil duduk selama 10 menit 2 kali setiap hari. Mandi uap juga membantu kecuali pada pasien yang menderita hipertensi dan kelainan sirkulasi lainnya."


"Jus wortel yang dikombinasikan dengan jus bayam dapat juga bermanfaat dalam pengobatan gastritis (maag). Caranya, campur 200 ml jus bayam dengan 300 ml jus wortel, diminum setiap hari."


"Bawah putih yang direbus dalam 3 puluh gram susu efektif sebagai obat asma tahap awal. Teh jahe hangat dengan suing bawang putih cincang juga dapat membantu untuk mengatasi masalah asma, dan hendaknya dikonsumsi baik pada pagi dan sore hari."


"Buah Kapulaga bisa dipakai untuk mengatasi gangguan radang tenggorokan, batuk, perut kembung dan mual. Kapulaga memberi efek mengurangi rasa nyeri alias analgesik. Caranya tumbuk buah kapulaga lalu direbus dan diminum airnya."


"Jika memiliki gejala anemia (kurang darah) banyaklah konsumsi zat besi dalam bentuk organik yang terdapat pada gandum, beras merah, sayuran hijau, wortel, seledri, bit, tomat, bayam, apel, beri, ceri, anggur, kismis, kurma, susu dan telur."


"Kurangi asupan garam untuk menyembuhkan sinusitis karena garam menyebabkan akumulasi air dalam jaringan dan memaksa kalsium keluar dari tubuh. Hindari pula penggunaan parfum dan minyak rambut beraroma kuat."


"Jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, minumlah 8-10 gelas air tiap hari agar aktivitas pembuangan sampah tubuh dari kulit dan ginjal lancar yang nantinya mempercepat penurunan kolesterol berlebihan."


"Jangan biasakan minum pil tidur jika susah tidur karena akan memberikan efek yang tidak baik pada otak jika dilakukan terus menerus. Atasi gangguan tidur dengan menerapkan waktu tidur yang teratur."


"Atasi masalah sulit tidur atau insomnia dengan minum jus lobak putih (Raphanus sativus Linn) yang dicampur perasan jeruk nipis. Kandungan di lobak dapat menenangkan saraf dan membuat cepat tidur."


"Penderita gula darah rendah (hipoglikemia) sebaiknya makan 6-8 kali porsi kecil dalam sehari, hindari makan 2-3 kali porsi besar dalam sehari. Kacang-kacangan, biji-bijian, susu, mentega sangat dianjurkan. Hindari makan olahan, kopi, alkohol dan soft drink."


"Mengonsumsi tempe bagus untuk menghambat kerusakan sel dan proses penuaan, karena lesitin yang terkandung dalam kedelai bisa menjadi obat awet muda, penguat tulang, dan mempertinggi daya tahan tubuh."


"Gunakan biji buah pepaya untuk menyembuhkan diare. Caranya ambil 7-10 butir biji pepaya dicuci bersih lalu dikunyah 1 kali sehari. Biji pepaya mempunyai daya antiseptik terhadap bakteri penyebab diare, yaitu Escherichia coli dan Vibrio cholera."


"Rebus 2-3 kuntum bunga kecubung (Datura Fatuosa) dan gunakan air rebusannya untuk obat kompres rematik, bengkak, anus turun (prolapsusani), jamur kulit, bisul. Kecubung berkhasiat karena memiliki efek antiasmatik, antitusif, antirematik, analgesik, afrodisiak dan anestetik."


"Obati mata merah atau belekan dengan daun melati. Caranya ambil satu genggam daun melati lalu tumbuk halus setelah itu tempelkan di dahi. Jika sudah mengering ganti tempelan dengan yang baru. Bisa diulangi sampai sembuh."


"Minum air rebusan kulit pisang beberapa kali dalam seminggu bisa mengatasi depresi karena kulit pisang mengandung serotonin yakni hormon yang mengatur mood (suasana hati) menjadi baik dan menurunkan stres."


"Makanlah buah lengkeng 250 gram setiap hari setelah mengalami sakit. Buah lengkeng dapat memperkuat limpa, meningkatkan produksi darah merah, menambah nafsu makan dan menambah tenaga, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk proses pemulihan stamina sehabis sakit."


"Daun sirsak bisa digunakan untuk pengobatan sakit pinggang. Caranya 20 lembar daun sirsak direbus dalam 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Setelah dingin, diminum 1 gelas tiap hari."


"Gunakan ramuan temulawak untuk mengobati gangguan pada hati. Caranya iris rimpang temulawak tipis-tipis setelah dibersihkan, lalu direbus dengan air. Rebusan inilah yang nanti diminum, bisa juga ditambahkan madu."


"Sembuhkan mimisan dengan dengan gulungan daun sirih yang telah dibersihkan lalu dimasukkan ke lubang hidung. Daun sirih bisa mengurangi pendarahan termasuk pendarahan saat mimisan."


"Buah Nona (Annona reticulata) yang bentuknya mirip srikaya, bisa dimanfaatkan untuk obat diare atau disentri. Cara rebus batang buah nona yang kemudian air rebusannya diminum sehari sekali. Batang buah Nona mengandung Senyawa asetogenin."

(detik Health)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...