wellcome

Hi5 Layouts

Friday 7 September 2012

Selada Air Sayuran Super Pembasmi Kanker dan Berbagai Macam Penyakit


Terkadang kita tak menyadari bila ada beberapa jenis makanan yang kita konsumsi sehari-hari menyimpan khasiat untuk mengobati penyakit. Seperti penemuan terbaru terhadap khasiat selada air , ternyata juga ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker. Sayuran yang memiliki nama latin Nasturtium officinale berasal dari famili brassicaceae  ini gampang sekali dikreasikan menjadi aneka hidangan yang lezat.
Sayuran ini juga dikenal sebagai bahan obat-obatan sejak ribuan tahun lalu. Bangsa Yunani dan Romawi Kuno percaya bahwa selada air berkhasiat sebagai tonikum bagi otak, membuat otak jadi cerdas.Sementara ibu-ibu  bangsa Persia selalu memasak selada air untuk anak-anaknya agar
mereka tumbuh sehat dan kuat. Di Jerman, selada air digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing pada anak-anak.
Bubuk daun selada di India digunakan sebagai peluruh dahak untuk mengobati bronkitis dan gangguan lever.  
Jadi, sering-seringlah menyajikan hidangan dari selada air dan temukan puluhan khasiat di balik kelezatannya

Kandungan Selada Air

1.Setiap gram selada air mengandung Vitamin C yang 12 kali lebih banyak dan mengandung lebih banyak zat besi dibandingkan bayam. 
2.Selada Air mengandung komponen antioksidan lengkap, sehingga mampu meningkat kan sistem kekebalan tubuh dan dapat menetoksifikasi racun tubuh
3.Selada Air kaya akan Vitamin B, betakarotin, magnesium, dan potasium
4.Selada Air banyak mengandung Phytochemical yang merupakan senyawa anti kanker. Mineral
5. Vitamin
7.klorofil
8.bioflavonoid
9. Folat
10. Vitamin C
11. Vitamin E
12.kalium, sulfur dan seng 
  

Ciri-Ciri Selada Air

- berdaun hijau kecil
- batang berongga
- tangkai panjang tanpa dahan
- Daerah asalnya adalah dari wilayah timur mediterania dan wilayah yang berbatasan dengan asia. di Indonesia Selada air banyak dijumpai pada lahan pertanian yang airnya cukup menggenang.

 

Manfaat Selada Air bagi kesehatan tubuh adalah : 

1.Mengandung Antioksidan penangkal radikal bebas dan  untuk imuniti / sistem kekebalan tubuh;
mendongkrak metabolisme tubuh.  Peningkat stamina.
2.Detoksifikasi racun tubuh
3.Mengurangi resiko terjadinya kanker dan tumor .
4.Melidungi paru-paru dari bahaya nikotin (perokok aktif/pasif); sebagai herbal untuk nikotin
5.Melawan kanker paru-paru, kanker mulut dan tenggorokan
6.Penghambat terbentuknya NKK dalam tembakau
7.Penangkal radang selaput lendir pada saluran pernafasan
8.Pembersih darah / memurnikan darah
9.Untuk kecantikan bisa digunakan sebagai masker wajah ,  untuk mengatasi jerawat, bintik-bintik, atau noda hitam.
10. Membantu menurunkan resiko gangguan jantung dan terjadinya stroke.  Serta membantu proses penyembuhan bagi para penderita yang mengalami stroke dan gangguan jantung
11. Mengurangi resiko terkena penyakit  katarak dan gangguan penglihatan
12. Membantu mengurangi resiko spina bifida (salah satu jenis gangguan kelainan pada tulang belakang).
13. Membantu kerja pencernaan ; sebagai pencahar dan memperlancar BAB dan Kesehatan organ hati.
14. Mengurangi gangguan anemia.
15. Membantu meringankan insomnia (sulit tidur) karena ketegangan syaraf.
16. Mampu membantu pembentukan sel darah putih dan sel darah merah dalam susunan sum - sum tulang
17. Berperan merangsang produksi cairan empedu dan membantu proses detoksifikasi pada liver.
18. Menurunkan demam, mencegah sariawan, antiseptik, meningkatkan gairah seksual, meluruhkan kencing (diuretika), menghilangkan dahak.
19 .Dapat menyembuhkan , asma, bronkitis, penyakit kulit, diabetes, eksim, edema, rambut rontok, sakit kepala, infeksi, batu ginjal, obesitas, dan TBC.
20.Berguna pula dalam mengatasi  bisul  dan kutil karena kaya akan antioksidan dan fitiokimia.
21. Mengobati pasien yang mengalami gangguan metabolik kronis serta astenia (kelemahan).

Beberapa  Penelitian Yang Dilakukan Para Ahli terhadap Selada Air : 

Selada air memiliki khasiat dan ampuh menghambat pertumbuhan sel kanker.  
Penelitian baru yang dilakukan peneliti dari Universitas Southampton, Inggris mengungkapkan bahwa komponen dalam selada air mungkin memiliki kemampuan untuk menekan perkembangan sel kanker payudara dengan mematikan sinyal dalam tubuh dan sehingga tumor yang berkembang tidak mendapat asupan darah dan oksigen.

Penelitian itu diungkapkan dalam konferensi pers Selasa (14/9), menunjukkan bahwa senyawa yang terkandung dalam selada air mampu melawan protein yang memegang peran penting dalam perkembangan kanker.


Saat tumor berkembang, tumor berkembang cepat mengatasi pasokan darah yang ada sehingga mereka mengirimkan sinyal yang dapat membuat jaringan normal sekitarnya menumbuhkan pembuluh darah baru kedalam tumor yang memberi oksigen dan gizi.
 
Penelitian yang dipimpin oleh Profesor Graham Packham itu menunjukkan bahwa senyawa tanaman (yang disebut phenylethyl isothiocyanate/PEITC) yang ditemukan dalam selada air bisa menghalangi proses ini, dengan mengganggu dan mematikan fungsi protein yang disebut Hypoxia Inducible Factor (HIF).

"Penelitian itu mengambil langkah penting menuju pemahaman manfaat kesehatan potensial dari tanaman ini karena menunjukkan bahwa makan selada air dapat mengganggu dengan jalan yang telah terkait erat dengan perkembangan kanker," Profesor Packham, onkologi molekular di Universitas Southampton, seperti dikutip Science Daily.

"Mengetahui faktor risiko dari kanker adalah tujuan utama dan penelitian dalam pola makan merupakan bagian penting dari itu. Bagaimanapun juga, secara keseluruhan pekerjaan kecil yang dilakukan di Inggris dalam kaitan antara makanan yang kita makan dengan perkembangan kanker."

Bekerja dengan Barbara Parry, Senior Research Dietician di Winchester and Andover Breast Unit, Profesor Packham menampilkan penelitian awal pada sekelompok kecil orang yang pernah sembuh dari kanker, menjalani puasa sebelum memakan 80 gram selada air dan kemudian memberikan sekumpulan contoh darah selama 24 jam berikutnya.

Tim peneliti mampu mendeteksi tingkat senyawa tanaman PEITC dalam darah dari para partisipan selama mengonsumsi selada air, dan yang paling penting, bisa menunjukkan bahwa fungsi protein HIF juga secara mencolok mata terpengaruh dalam sel darah wanita.

Dua penelitian itu, yang sudah dipublikasikan dalam "British Journal of Nutrition and Biochemical Pharmacology", memberi pandangan baru dalam pengaruh anti kanker selada air, meskipun masih perlu dilakukan lebih banyak pekerjaan untuk memeriksa dampak langsung selada air dalam mengurangi risiko kanker.

"Kami sangat senang dengan hasil kerja Profesor Packham, yang dibangun dalam badan riset yang mendukung gagasan selada air mungkin memiliki peran penting dalam membatasi perkembangan kanker," kata Dr Steve Rothwell, anggota Watercress Alliance (badan yang dibentuk untuk mempromosikan rasa dan manfaat kesehatan dari selada air).

Kesimpulan sementara yang dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition, peneliti juga mengungkap bahwa selada air tidak hanya menghambat pertumbuhan kanker. Bagi yang sudah pernah sembuh dari kanker, mengkonsumsi 80 gram atau 1 porsi sayuran ini setiap hari diklaim dapat mencegah kekambuhan
***
Dikutip dari Telegraph, Senin (23/8/2010, Ujicoba itu dilakukan terhadap 4 partisipan wanita. Dalam sampel darah partisipan yang diamati selama 6 jam setelah mengkonsumsi selada air, tampak penurunan aktivitas senyawa yang membantu pertumbuhan kanker, yakni protein 4E.

Penurunan tersebut diduga merupakan efek dari isothiocyanate, salah satu senyawa yang terkandung di dalam selada air. Akan tetapi mekanisme isothiocyanate dalam menghambat pembentukan protein 4E maupun pertumbuhan kanker masih belum diketahui pasti.

Akan tetapi seorang peneliti dari Cancer Research di Inggris, Hazel Nunn berpendapat bahwa terlalu dini untuk menyimpulkan hal itu. Menurutnya, temuan itu masih harus dikembangkan dengan mengujikan khasiat sayuran tersebut pada kelompok yang lebih luas.
***  
Disamping itu Selada air yang kaya akan antioksidan mampu mengatasi stress otot akibat latihan berat dengan hanya menempelkannya pada bagian tubuh yang dilatih. Bahkan sebuah studi menunjukkan, hanya dengan memakan daun selada air ini 2 jam sebelum latihan berat dilakukan akan mendapatkan proteksi yang sama.

Sejumlah ilmuan dari Universitas Edinburgh Napier dan Universitas Ulster menjelaskan, dengan memakan selada air dapat mencegah cedera karena latihan dengan intensitas yang tinggi, juga dapat membantu memaksimalkan manfaat dari latihan.

“Meskipun kami semua menyadari, betapa bagusnya latihan ini bagi tubuh kita, memukul treadmill, mengangkat beban, atau melakukan latihan tingkat tinggi lainnya jelas dapat memakan korban” ungkap Mark Fogarty, dari Edinburgh Napier`s School of Life, bidang Ilmu Olahraga dan Sosial, yang memimpin studi ini, seperti yang dilaporkan pada “British Journal of Nutrition”.
“Permintaan energi yang meningkat pada tubuh akibat latihan berat ini dapat menimbulkan penumpukan radikal bebas yang bisa merusak DNA kita,” terang Fogarty, merujuk pada sebuah pernyataan di Edinburgh.

“Apa yang kita temukan adalah dengan mengkonsumsi sejumlah kecil selada air setiap hari dapat membantu meningkatkan kadar vitamin dan antioksidan penting yang memberikan perlindungan kepada tubuh kita, dan memungkinkan kita untuk menikmati hasil dari menjaga kondisi tetap sehat, Ini adalah langkah maju yang sangat menarik dalam penelitian dan pengembangan nutrisi olahraga.” Tambah Fogarty lagi.
***
Penelitian terbaru pada Selada Air mengindikasikan bahwa tanaman ini dapat melindungi paru-paru perokok aktif. Bahan-bahan karsogenik yang terdapat pada tembakau PEITE (phenethylisothiocyhate) dapat terkeluarkan bila mengkonsumsi selada air (mengunyahnya). dikarenakan merupakan Ayen kempreventif pelawan kanker paru-paru, kanker mulut, tenggorokan dan sebagainya, juga dengan mengkonsumsi Selada Air dapat menghambat terbentuknya NKK yaitu zat karsinogenik dalam tembakau.

Tip Memilih Dan Mengolah Selada Yang Baik

1. Pilihlah daun selada yang masih berwarna hijau dan segar.
2. Dalam penanganannya, sebaiknya daun selada jangan sampai tersobek agar kandungan didalamnya tidak cepat menguap keluar / hilang.
3. Sebelum dimakan, cucilah daun selada dengan air bersih yang mengalir agar bakteri dan residu pestisida yang masih menempel ikut terbuang bersamaan dengan aliran air.
4.Selada air memilki rasa dan tekstur yang khas. Cocok diolah untuk tumisan, sup, lalap, atau disajikan mentah sebagai campuran salad atau sandwich dan masakan

5.Jika menumis selada air sebaiknya diaduk cepat saja, cukup hingga berubah warna dan teksturnya masih renyah. Sebab, jika terlalu lama terkena panas, selada air akan terasa berlendir.
6. Hati-hati salmonella . Jika hendak mengonsumsi sayuran mentah seperti selada, sebaiknya cuci berulang kali hingga bersih. Air yang dipakai untuk mencuci harus bebas dari mikroba patogen atau mikroba penyebab kebusukan makanan. Selain itu, pencucian juga dapat dilakukan dengan desinfektan seperti klorin.
(yang lebih aman adalah merendamnya sebentar dengan cuka apel, setelah dicuci bersih). 

 
7.Untuk menghindari bahaya yang tidak diinginkan, sayuran segar seperti selada sebaiknya tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah, terutama bila disajikan untuk anak-anak atau orang tua. Proses pemasakan juga dapat membunuh mikroba yang bersifat patogen.
(dari berbagai sumber)

telah dibaca


2 comments:

  1. jadi semakin bersemangat mengkonsumsi selada air..
    habis ini mau beli selada air ini ah, di pasar.. buat menu buka puasa... siiip..

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...