wellcome

Hi5 Layouts

Friday 2 December 2011

Pengobatan Penyakit Asam Urat

Asam urat adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Jika asam urat sudah melebihi ambang normal dan penderita merasakan sakit yang amat parah maka penyakit asam urat ini sudah memasuki tingkatan lanjut . Asam urat berlebih yang tertimbun di persendian akan mengkristal mirip jarum-jarum halus. Saat jarum-jarum menusuk saraf, muncul rasa sakit luar biasa. ‘Itu yang dinamakan artritis gout, atau kerap disebut gout saja.

Asam urat termasuk dalam penyakit yang disebabkan oleh kurang stabilnya fungsi metabolisme dalam tubuh yang membuat asam urat menjadi sangat berlebihan menyebabkan ginjal

tidak mampu mengeluarkan sisa asam urat yang sudah tidak terpakai dalam tubuh.
Ketika asam urat yang berlebihan tersebut tidak mampu diatasi oleh ginjal, maka asam urat ini menumpuk pada jaringan dan sendi menyebabkan nyeri yang sangat mengganggu.

Banyak orang beranggapan asam urat hanya dipicu konsumsi makanan tinggi purin seperti melinjo, jeroan, dan kacang-kacangan. ‘Penyebab asam urat sangat beragam,’ kata dr Nyoman Kertia SpPD KR, spesialis penyakit dalam di subbagian reumatologi Rumahsakit dr Sardjito, Yogyakarta. Selain faktor pangan, pemicu lain adalah faktor keturunan, gangguan ginjal, dan kelebihan bobot badan. Menurut Kertia bobot tubuh berlebih mempengaruhi kerja persendian. Akibat beban itu kerap terjadi gesekan yang pada akhirnya memicu asam urat.


Selain itu pola konsumsi modern yang mengandung protein hewani tinggi menjejalkan 600 - 1.000 mg purin ke dalam tubuh setiap hari. Padahal, tubuh hanya memerlukan 100 - 150 mg. Pemecahan purin itulah yang menghasilkan uric acid alias asam urat. Menurut dr Oetjoeng Handajanto, konsultan dan terapis kesehatan makanan di Bandung, Jawa Barat, asupan purin dari makanan hanya 15%. ‘Sebanyak 85% kebutuhan purin dicukupi sendiri oleh tubuh,’ kata dokter alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Essen, Jerman itu.

Obat asam urat akan dapat meredakan nyeri ini dengan membantu mengurangi kadar asam urat dalam darah dan mengendalikan peradangan.
Obat asam urat lebih banyak yang diolah dari bahan alami karena bahan-bahan herbal terbukti dapat berkhasiat lebih baik.
Berikut adalah beberapa obat asam urat yang dapat anda gunakan dan aplikasikan untuk mengatasi asam urat.

1.Cuci bersih dan rebus sambiloto kering 10 gram, rimpang temulawak kering 10
gram, komfrey 5 - 10 gram, dan buah lada 1 gram dengan 5 gelas air hingga
tersisa 3 gelas, diminum 3 kali satu gelas setiap hari, 1 jam sebelum makan atau 2
jam setelah makan.

2. Cuci bersih 10 gram daun kumis kucing kering atau 20 gram basah, 10 gram
meniran kering atau 20 gram basah, 10 gram sawi tanah kering atau 20 gram
basah, 15 gram jahe merah kering atau 30 gram basah, dan 10 gram kapulaga
kering. Memarkan jahe merah dan gabung dengan bahan yang lain, rebus dalam
satu liter air hingga tersisa setengahnya. Minum pagi, siang dan sore hari, masing-
masing ¾ gelas (150 ml) atau minum dua kali sehari masing-masing 200 ml.

3. Rebus 15 - 30 gram herba kering atau 30 – 60 gram herba basah sidaguri
dengan 3 gelas air sampai tersisa setengahnya, minum 3 kali sehari masing-
masing ½ gelas. Jika menggunakan akar, dosisnya 10 – 15 gram.

4. Rebus 10 – 15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air
sampai tersisa 1 gelas, minum 2 kali sehari masing-masing ½ gelas.

5. Ambil 5 -7 potong akar anting-anting (segar ataupun kering), rebus dengan 2
gelas air hingga tersisa satu gelas, setelah dingin minum sekaligus. Lakukan 2 -3 kali sehari.

6. Sirsak sebagai obat asam urat juga bisa menjadi solusi yang mudah dan akurat. Obat asam urat ini bisa dengan mudah ditemui dan pengolahannyapun sangat sederhana. Anda tinggal langsung mengkonsumsi sirsak secara langsung ataupun membuatnya sebagai jus. Sirsak sebagai obat asam urat bisa dikonsumsi setiap hari.
 

7. Labu Siam. Obat asam urat ini sangat mudah ditemui di pasar tradisional karena dikenal sebagai sayuran. Cara mengolah obat asam urat ini tidaklah sulit. And cukup memarut labu siam dan kemudian menyaringnya. Airnya dapat menjadi obat asam urat yang manjur jika diminum secara teratur.

8. Cuka Apel. Obat asam urat ini sudah dijual instant di pasaran sehingga memudahkan anda untuk menggunakannya. Anda tinggal menambahkan madu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dua sendok makan cuka apel ditambah 1 sendok madu kemudian dicampur air hangat sebanyak 50 cc dapat menjadi solusi untuk meredakan asam urat dengan cepat. Obat asam urat ini akan berkhasiat jika diminum secara rutin selama satu minggu setiap pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur. Bila Anda Maag minumlah setelah makan pagi atau makan malam.


9. Meniran yang dikeringanginkan dengan berbagai herbal lain seperti bangle Zingiber cassumunar, akar alang-alang Imperata cylindrica, dan kencur Kaempferia galanga. ‘Kencur mengembalikan elastisitas urat dan otot yang mengeras oleh endapan garam urat, sedangkan akar alang-alang meluruhkan urine dan membantu fungsi ginjal,’. Penderita asam urat yang sudah menjadi gout dianjurkan minum ramuan itu 3 kali sehari masing-masing 2 sendok teh. (Argohartono Arie Raharjo)

Meniran, kandungan filantinnya menurunkan kadar asam urat dalam darah
Akar alang-alang meluruhkan kencing dan memperbaiki fungsi ginjal

Obat asam urat pada dasarnya tidaklah sulit untuk didapatkan. Pengolahannyapun sangat sederhana dan tidak memerlukan waktu yang lama. Oleh karena itu tidak ada salahnya mencoba obat asam urat herbal tersebut sebagai solusi asam urat yang murah dan berkhasiat.

Semoga bermanfaat dan disembuhkan Allah...Aamiin Ya Rabbal alamiin...InsyaAllah,
(Dari berbagai sumber)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...