wellcome

Hi5 Layouts

Thursday 10 November 2011

Juice Lidah Buaya dan Khasiatnya

Banyak orang mengetahui tentang manfaat jus lidah buaya (aloe vera) untuk kesehatan. Sayangnya tidak banyak orang terbiasa mengkonsumsinya. Salah satu alasannya mungkin karena tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara membuat jus lidah buaya tersebut. Padahal caranya cukup mudah. Mau mencoba?

Alat dan Bahan :

Beberapa daun lidah buaya yang cukup tua
Pisau kupas (Pisau dapur)
Sendok makan
Blender
Jeruk (atau anggur, atau buah asam lain)
Wadah dengan tutup kedap udara

Cara Membuat  :

RESEP  I

* Potong beberapa lembar daun lidah buaya yang cukup tua langsung dari tanaman.
* Kupas sisi daun lidah buaya yang berduri dengan menggunakan pisau kupas, lalu cuci daun lidah buaya dengan air matang.
* Belah daun lidah buaya menjadi dua. Keruk gel (“daging”) lidah buaya dengan menggunakan sendok. (Catatan: Jika anda kurang nyaman dengan cara ini, anda dapat mengupas keseluruhan kulit dan memotong kecil-kecil “daging” lidah buaya).
* Masukkan gel lidah buaya ke dalam blender, tambahkan air perasan buah jeruk secukupnya. Blender bahan-bahan ini selama 2 menit. (Catatan: Gel lidah buaya tanpa kulit tidak tahan lama karena akan teroksidasi oleh udara. Air jeruk berguna untuk menstabilkan gel lidah buaya supaya tahan lama dan untuk memberikan cita rasa).
* Tuang jus lidah buaya buatan anda ke dalam wadah dengan tutup kedap udara. Diamkan di dalam lemari es minimal 2 jam.

* Jus lidah buaya anda siap dikonsumsi. Jus ini tahan selama seminggu, namun untuk mendapatkan manfaat kesehatan maksimal, sebaiknya dihabiskan dalam 3 hari.

Cara mengkonsumsi jus lidah buaya: tuang dua sendok makan jus lidah buaya buatan anda ke dalam segelas air matang, lalu aduk. Jus ini masih dapat ditambahkan jus buah jika anda suka.

***
RESEP  II

* Cuci bersih lidah buaya. Lepaskan kulit lidah buaya, ambil dagingnya. Lalu, potong sesuai selera.
* Cuci hingga bersih (tidak berlendir) dan tiriskan.
* Untuk menghilangkan bau lidah buaya yang tak sedap dan mengecilkan pori-pori lidah buaya agar tidak hancur, ambil daun pandan dan masak bersama air. Setelah masak, angkat dan diamkan sekitar 2 menit. Masukkan potongan lidah buaya dan aduk hingga merata.
* Diamkan selama 5 menit. Lalu, tiriskan dan pisahkan air daun pandan dan lidah buaya. Masukkan dalam toples berbeda. Simpan dalam lemari es.
Cara Membuat Jus

* Ambil lidah buaya yang sudah diolah sesuai selera ke dalam gelas.

* Masukan air daun pandan, madu randu dan es batu ke dalam blender hingga berbusa. Lalu, campurkan ke dalam gelas yang telah berisi lidah buaya.

* Siap disajikan.

***
RESEP III

* Kupas lidah buaya, potong kotak panjang 3 cm dan tebal 1/2 cm
* Lumuri dengan garam dan air kapur sirih, diamkan 1 jam, lalu bilas sampai bersih dan lendirnya hilang. Tiriskan.
* Rendam dalam air tawas, diamkan selama 1 jam, bilas dengan air matang sampai bersih. Tiriskan.

* masukan ke air gula (air yang direbus bersama gula pasir)
hidangkan dingin....

 *** 

Manfaat Jus Lidah Buaya (Aloe Vera)
Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera sudah terkenal sebagai bahan perawatan tubuh mulai dari sabun mandi, shampoo, cream dan lain sebagainya. Lidah buaya ternyata juga memiliki kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Lidah buaya dapat dikonsumsi langsung sebagai makanan namun pada umumnya lidah buaya diminum dalam bentuk jus.

Beberapa manfaat minum jus lidah buaya antara lain:

1. Membuang racun (detox). Lidah buaya kaya akan vitamin, mineral dan unsur hara yang diperlukan tubuh sehingga dapat membantu membuang racun dalam tubuh kita. 

2. Membantu pencernaan. Lidah buaya mempunyai kemampuan alami membuang racun sehingga melancarkan kerja usus (melancarkan BAB) dan meningkatkan serapan protein.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh. Lidah buaya kaya akan antioksidan yang membantu kekebalan tubuh melawan radikal bebas  di dalam tubuh yang merupakan sumber berbagai penyakit.

4. Mencegah dan mengurangi peradangan. Lidah buaya juga membantu mobilitas sendi dan otot.

5.  Memperbaiki collagen dan elastin pada kulit. Lidah buaya membantu meremajakan sel-sel kulit sehingga menunda efek penuaan dan membantu menyembuhkan berbagai iritasi ringan pada kulit.

 6. Membantu mempertahankan berat badan. Lidah buaya membantu membersihkan sistem pencernaan dari bahan makanan yang dapat merugikan tubuh, sehingga meningkatkan kebugaran tubuh.

7. Memberikan suplai harian vitamin. Lidah buaya mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, E, Asam Folat and Niasin. Tubuh manusia tidak dapat menyimpan vitamin sehingga tubuh perlu mendapat suplai vitamin secara teratur melalui makanan.

8. Memberikan suplai harian mineral. Lidah buaya mengandung banyak mineral yang diperlukan tubuh antara lain kalsium, sodium, besi, potassium, mangan, magnesium, chrom, copper dan zinc.

9. Memberikan suplai asam amino. Tubuh manusia memerlukan 20 macam asam amino (8 diantaranya adalah asam amino esensial). Lidah buaya mengandung 19 macam asam amino tersebut (7 diantaranya adalah asam amino esensial). 

10. Menyehatkan gigi. Lidah buaya sangat membantu menyehatkan mulut dan gusi. Lidah buaya mengandung bahan anti-bakteri dan anti-mikroba alami. Lidah buaya juga digunakan sebagai bahan obat karena berkhasiat menyembuhkan radang gusi dan mulut.

Manfaat  lainnya dari Juice Lidah Buaya dan madu lebah untuk mengatasi berbagai penyakit,antara lain :

* Panas dalam
* Sakit Perut
* Susah Buang Air Kecil
* Infeksi saluran pernafasan
* Diabetes mellitus
* Masuk angin
* Flek hitam, keriput pada wajah
* Luka bakar
* Kolesterol tinggi
* Sembelit anak
* Rematik
* Bronchitis
* Radang vagina, radang tenggorokan, radang mata, radang lambung
* Epilepsi
* Asma, batuk rejan
(dari berbagai sumber)
***

telah dibaca

1 comment:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...