wellcome

Hi5 Layouts

Monday 17 October 2011

Kurang Tidur Bisa Bikin Gendut?

Sudah diet sehat tapi masih gemuk? Coba perhatikan lagi hal-hal kecil yang Anda lakukan di rumah. Hal-hal sepele bisa jadi pemicu berat tubuh Anda meningkat secara perlahan.

Bisa jadi ada teman yang bisa tetap makan enak tapi tubuhnya langsing. Sedangkan Anda yang sudah mati-matian menjaga makanan namun tetap gendut? Coba, perhatikan baik-baik apa yang jadi penyebabnya. Seperti yang ditulis Readers Digest, berikut ini adalah 8 hal yang bisa menyebabkan meningkatnya berat badan Anda.


Salah Mengerti Label Sehat
Banyak orang tergiur dengan iming-iming 'healthy food', 'organic' atau sejenisnya yang ada pada kemasan makanan. Tanpa memeriksa betul isi kemasan yang dibeli. Bahkan ada juga orang yang mengabaikan aturan konsumsi pada label kemasan dan menganggap makanan tersebut sehat. Padahal, bisa membaca label kemasan dengan benar adalah langkah awal hidup sehat tanpa takut kegemukan.

Kebiasaan Minum Soda
Banyak orang yang kecanduan minum soda, sampai akhirnya muncul produk minuman bersoda dengan kadar gula rendah. Meskipun kadar gula dikurangi, soda tetap saja jadi pemicu bertambahnya berat badan. Karena minuman bersoda tinggi kalorinya.

Kurang Tidur
Gelisah di malam hari menyebabkan waktu tidur berkurang. Akibatnya saat bangun di pagi hari mood jadi berantakan. Banyak orang melarikan diri ke makanan untuk memperbaiki mood yang sudah berantakan pagi hari.

Suhu Ruangan
Ingin mencoba menurunkan berat badan? Coba biasakan untuk tidak menggunakan pendingin ruangan. Suhu ruangan yang nyaman menimbulkan nafsu makan yang lebih tinggi, seperti yang dikutip Obesity Reviews. Makanan yang masuk biasanya untuk proses pembakaran agar tubuh tetap hangat.

Teman Senasib
Memiliki patokan seorang teman yang obesitas kadang membuat Anda santai dan berpikir, "ah, masih ada yang leih gendut,". Hal ini tidak baik karena tidak memicu Anda untuk hidup lebih sehat dan teratur. Teman yang lebih langsing akan memicu hati kecil Anda untuk bisa sepertinya.

Makan Sedikit Tinggi Kalori
Ada tipe-tipe orang yang makan dalam porsi kecil namun sering. Jika yang dimakan adalah menu sehat rendah lemak dan kalori, mungkin tak jadi soal. Tapi kalau makanan tersebut sumber gula dan kalori maka bisa jadi penyebab berat badan bertambah.

Tingkat Stres Tinggi
Tekanan yang berasal dari pekerjaan, teman, orangtua kadang memicu stres. Tingkat stres ini berbeda-beda. Semakin tinggi tingkat stres, tubuh akan memproduksi cortisol dan insulin semakin tinggi. Hal ini yang menyebabkan nafsu makan bertambah dan melarikan diri pada makanan setiap menghadapi masalah.


(detikFood)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...