wellcome

Hi5 Layouts

Sunday 2 January 2011

Info dan Tips Untuk Meningkatkan Kesuburan


Anda sudah menikah, tetapi belum juga diberi keturunan, padahal sudah dicek ke dokter kandungan ternyata tidak ada masalah secara medis pada organ reproduksi  yang berarti berpeluang mempunyai keturunan, atau nama keren nya ada gangguan infertility.
.
Fertilitas atau kesuburan bukan hanya menjadi masalah kaum perempuan saja, karena sebuah penelitian menunjukkan lebih dari 40 persen masalah kesuburan disebabkan oleh laki-laki. Tanpa disadari nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bisa mempengaruhi potensi dari sperma seorang laki-laki. Pola makan yang buruk dapat menurunkan kualitas dan kuantitas dari sperma. Pola makan yang sehat tidak hanya bisa membuat istri menjadi hamil, tapi juga memungkinkan bayi yang dikandungnya memiliki berat badan ideal. Karena berat badan bayi yang rendah bisa menimbulkan masalah serius pada anak nantinya.

Ini dia Tips Singkat Untuk meningkatkan Kesuburan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESUBURAN 

1.Tingkat kesuburan berhubungan dengan berat badan. Pria atau wanita yang kegemukan perlu menurunkan berat badan bila ingin merencanakan kehamilan.

2. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh dan tingkatkan makanan mengandung lemak tidak jenuh tunggal, seperti minyak zaitun dan olive oil.

Hindari lemak trans karena dapat menyebabkan terjadinya penimbunan plak pada pembuluh darah. Akibatnya aliran darah ke organ vital terhambat.

3. Hindari gula murni dan makanan yang sudah diawetkan atau diproses, karena rendah mengandung esensial vitamin dan mineral nya tapi tinggi kalori yang dapat menggemukkan dan berisiko pada kesuburan.

4. Hindari Alkohol, Mengonsumsi minuman anggur (wine), bir atau minuman keras lain yang mengandung alkohol bisa mengurangi jumlah sperma dan kadar testosteron. Selain itu juga meningkatkan jumlah sperma yang abnormal dan ejakulasi dini. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa 5 gelas minuman beralkohol dalam seminggu dapat mempengaruhi kesuburan wanita

5. Berhenti merokok . Merokok mengurangi kesuburan pria dan wanita. Kerusakan tersebut reversibel untuk pria karena pria memproduksi sperma baru setiap 70 hari. Berdasarkan British Medical Association, merokok mengurangi kesempatan wanita untuk berkonsepsi sebanyak 40%.
Merokok juga  menyebabkan kekentalan darah dan asam nikotin pada rokok akan berikatan dengan hemoglobin sehingga fungsi hemoglobin untuk membawa oksigen ke organ vital menurum.. Racun dari rokok akan diserap ke dalam aliran darah yang salah satunya mengalir ke sistem reproduksi.

Pada laki laki, merokok akan membunuh sperma dan terkadang menyebabkan gangguan pertumbuhan sperma. 
Pada perempuan, merokok akan mengurangi kemampuan untuk berovulasi atau mengelurakan sel telur dari indung telur ke saluran tuba.
Memang benar tidak semua perokok itu mandul, tapi jika anda memang ingin melakukan yang terbaik dari kemampuan anda bereproduksi tidak ada salahnya anda berhenti merokok. Kesempatan anda untuk mempunyai anak jauh lebih besar bila anda tidak merokok.


6. Batasi kopi dan produk makanan/minuman lain yang mengandung kafein karena kadar kafein yang tinggi dalam darah dapat menurunkan produksi hormon prolaktin, yang terkait dengan ketidaksuburan seseorang.

7. Hindari Stress Stress akan merampok vitamin, mineral, oksigen dan beberapa zat penting dari sistem reproduksi. Jangan jadikan masalah tidak mempunyai keturunan mengiang ngiang di kepala anda yang membuat anda stress. Keadaan ini tidak akan membuat sesuatu menjadi lebih baik malah sebaliknya akan tambah memperburuk. Jauhi stress mulai saat ini.

KIAT dan  CARA UNTUK  MENINGKATKAN KESUBURAN

Berikut ini ada beberapa kiat untuk dijadikan terapi alami yang bisa dicoba :

1.Pengaturan Diet dan Olah Raga.
Tidak semua orang suka mendengar anjuran untuk mengatur diet dan berolah raga. Baik pria maupun wanita harus menghindari memiliki berat badan yang berlebihan (overweight) atau berat badan kurang (underweight). Masalah berat badan dapat mempengaruhi hormonal yang mengatur kesuburan
Kenyataannya kegemukan atau obesitas mempunyai kecenderungan untuk menjadi infertil atau mandul. Kegemukan juga menyulitkan pasangan tersebut untuk menikmati hubungan seksual. Jadi cara sederhana membuat anda tetap subur adalah mengkonsumsi makanan yang sehat dan rutin berolah raga. dengan melakukan aktifitas fisik yang menyenangkan agar tetap fit, seperti joging, jalan kaki, berenang, yoga dan lain-lain


2 .Herbalisme. Obat obatan alami ternyata khasiatnya tidak kalah dengan obat obatan sintetis. Ramuan dari bahan alami ini memberikan manfaat yang sangat banyak bagi calon ibu. Gunakan beberapa bahan herbal alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda. Dengan kekebalan tubuh yang baik, dipercaya dapat membantu mempercepat proses kehamilan. Enchinnacea, bawang putih dan lemon adalah bahan herbal yang sangat baik dalam meningkatkan kekebalan tubuh.Tambahkan lemon dalam segelas air hangat dan minumlah setiap pagi sebagai detox racun dalam tubuh

3. Bercintalah pada saat yang tepat  
Kita tahu, masa subur wanita umumnya terjadi pada hari ke-10 sampai ke-16, dimana hari pertama adalah hari pertama menstruasi terakhir. Sel sperma dapat tetap hidup di dalam organ reproduksi wanita selama 3 hari, kata Bill Ledger, Profesor bidang Obstetri dan Ginekologi Universitas Sheffield. Jadi berhubungan intim setiap 2 hari sekali selama masa subur ini akan cukup membantu untuk merencanakan kehamilan
.

4. Waktunya Mencari Bantuan
Kesuburan seorang wanita akan menurun setelah usia 35 tahun. Apabila Anda memiliki usia 30-an awal dan sudah mencoba konsepsi selama 1 tahun tanpa ada hasil, maka berkonsultasilah ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Apabila Anda berusia 35 tahun atau lebih, berkonsultasilah setelah mencoba selama 6 bulan tanpa hasil.

5. Seks itu Menyenangkan
Meskipun masa subur wanita hanya berkisar 6 hari dalam satu siklus menstruasi. Sangatlah penting untuk berhubungan intim pada waktu yang lain, kata Profesor Ledger. Masalah kesuburan dapat mengganggu hubungan suami-istri. Jadi sangatlah penting untuk memikirkan bahwa hubungan seksual adalah suatu kegiatan yang menyenangkan dan bukan hanya tindakan biologis untuk memiliki bayi.

6. Be Romantic
Stres berat yang disebabkan karena banyak hal seperti contohnya perceraian dapat mengganggu ovulasi (keluarnya sel telur) selama 3-4 bulan. Namun stres setiap hari yang dapat disebabkan karena pekerjaan atau berbagai hal lain tidak akan mempengaruhi ovulasi. Pengaruhnya terhadap kesuburan adalah stres membuat orang menjadi kesal atau ‘bad mood’ dan tidak mau melakukan hubungan seksual. Atasilah masalah ini dengan merencanakan makan malam yang romantis atau kegiatan yang menyenangkan saat weekend.

7. Lupakan mitos-mitos lama
Lupakan mitos mengenai menaikkan bokong setelah intercourse atau setelah berhubuangan intim. Atau tidak boleh bergerak selama 30 menit setelah pria ejakulasi. Sperma secara kimia akan tertarik masuk ke dalam lendir serviks, dalam beberapa detik setelah ejakulasi, mereka sudah aman dalam perjalanan. Apabila memang ada yang keluar, maka kemungkinan tidak mengandung sperma yang viable. Sampai saat ini tidak ditemukan posisi yang menjamin konsepsi akan berhasil, kata Profesor Ledger.

8. Jaga ‘Mereka’ Tetap Sejuk
Duduk seharian dapat mengganggu kesuburan sperma. Panas dapat menyebabkan kerusakan pada sperma. Testis seharusnya berada pada suhu 1-2 derajat lebih dingin daripada suhu tubuh. Profesor Ledger merekomendasikan untuk beristirahat selama 5-10 menit setiap jamnya dengan cara berjalan untuk mendinginkan daerah penghasil sperma. Dan ingat, jangan pernah memangku laptop atau kompor yang sedang menyala!

9. Perhatikan Kesehatan Seksual
Penyakit Menular Seksual (PMS) seperti klamidia, gonorea, sifilis, dapat mengganggu kesuburan. Apabila Anda memiliki risiko memiliki PMS maka berkonsultasilah segera dengan dokter Anda.


MAKANAN-MAKANAN UNTUK MENINGKATKAN KESUBURAN

Menurut dr.Titi Sekarindah, Sp.GK, spesialis gizi dari RS Pusat Pertamina Pertamedika, makanan penyubur adalah makanan sehat yang bisa merangsang kesuburan, tapi ini juga tidak 100% karena jika pasien tidak ada masalah pada organ reproduksinya, mengatur makanan dan hubungan intim, selanjutnya.. kepastian ada di tangan ALLAH SWT.

Secara umum, dr.Titi menjelaskan, makanan sehat yang dapat 'mendongkrak' kesuburan adalah menu seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, dan serat. Perbandingan nya adalah karbohidrat dalam sehari sebanyak 50%, protein 20%, lemak 30%, ditambah serat dari sayuran dan buah buahan.

Di dalam nutrisi2 tersebut, ada zat-zat yang baik untuk organ reproduksi wanita dan pria. Misal, pria menghasilkan sperma setiap saat, tetapi jumlah dan kualitasnya tergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi.

Pola makan orang Indonesia yang menyukai sayur-sayuran sebenarnya sudah merupakan terapi yang baik untuk meningkatkan kesuburan. Nah berikut ini aneka zat gizi yang dapat mendukung terjadinya pembuahan. Kita bahas
satu-satu ya.


1.KARBOHIDRAT

Sebagai zat pembangkit energi, karbohidrat diperlukan oleh pria maupun wanita. Mereka yang bugar tak bakal loyo saat melakukan aktivitas apapun termasuk aktivitas seksual. Mereka yang bugar juga mempunyai dorongan seksual/libido yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak. Namun karbohidrat yang tidak terpakai dapat tertimbun menjadi lemak. Oleh sebab itu, asupan karbohidrat juga perlu diperhatikan agar tak jadi kegemukan.

Pasalnya wanita yang kelebihan berat badan (BB) atau kegemukan perpeluang
tidak subur. Penyebabnya, sel-sel tertutup lemak dan kadar insulin naik. Karena itu wanita gemuk harus menurunkan BB-nya agar berpeluang lebih besar untuk bisa hamil. Selain itu wanita hamil dengan kelebihan BB lebih berpotensial mengalami keguguran dibandingkan wanita seusia dengan BB ideal.

Kegemukan juga dapat menurunkan libido pada pria dan wanita.
Agar tak jadi gemuk, hindari karbohidrat sederhana yang terdapat pada gula, sirop dan permen. Lebih baik mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang akan dimetabolisme secara lengkap oleh tubuh sehingga tak menumpuk jadi lemak.
Sumber karbohidrat kompleks antara lain beras merah, ubi merah, pisang, gandum atau biji-bijian seperti jagung.


2.LEMAK

Lemak berfungsi sebagai sumber energi paling padat yang menghasilkan 9 Kkal untuk setiap gramnya, yaitu 2.5 kali lebih besar dari energi yang dihasilkan karbohidrat dan protein dalam jumlah sama. Untuk itu seperti halnya karbohidrat, konsumsi lemak pun harus dibatasi agar dapat menjada BB ideal.

Hindari makanan tinggi lemak jenuh seperti lemak ayam, sapi, dan makanan yang digoreng karena berpotensi membentuk plak pada pembuluh darah, termasuk didaerah genital. Bila ini terjadi, tentunya juga dapat mempengaruhi gairah seksual.


Namun, jangan terus mengabaikan karena lemak juga berfungsi sebagai peningkat atau pembangkit gairah seksual. Khususnya lemak tak jenuh, seperti yang terdapat pada cokelat dan avokad.

3.PROTEIN

Protein berfungsi untuk memelihara sel2 dan jaringan. Salah satu yang bermanfaat sebagai zat penyubur terutama pada pria adalah kelompok asam amino. Asam amino yang penting bagi kesuburan pria adalah asam amino esensial, arginin, dan triptofan. Arginin dapat mencegah kemandulan, memperkuat daya tahan hidup sperma, dan membantu membuka aliran darah pada alat kelamin sehingga membangkitkan gairah.


Asam amino terdapat pada kuning telur, susu, daging merah, ikan seperti Ikan salmon dan mackerel atau Sardines yang kaya omega 3 dan omega 6 , (yang berfungsi mengatur kesehatan reproduksi ) , memperlancar aliran darah serta memperbaiki kualitas dan kecepatan sperma. tiram, kerang-kerangan, belut, kacang kedelai, tahu, dan tempe. Arginin terdapat pada cokelat, havermut, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, daun kemangi dan seafood. Sedangkan triptofan yang dapat memacu produksi serotonin dan bersifat menenangkan saraf sehingga dapat memacu gairah seksual, terdapat pada cokelat, kalkun dan susu.

Penelitian telah menemukan, perempuan yang makan 1 porsi atau lebih produk susu full fat setiap hari mengalami lebih sedikit masalah reproduksi dibandingkan mereka yang makan produk susu rendah lemak atau tanpa lemak

4.VITAMIN

Vitamin adalah zat organik kompleks yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sangat kecil dan pada umumnya dibentuk oleh tubuh sehingga harus didatangkan dari makanan. Ada beberapa kelompok vitamin yang dipercaya dapat berfungsi sebagai penyubur baik pada pria maupun wanita, yaitu:

Vitamin A
Vitamin A dalam bentuk retinol dan retinal berperan dalam sistem reproduksi pria dan wanita. Pada pria, vitamin A berperan dalam pembentukan sperma sedangkan pada wanita berperan dalam pembentukan sel telur, sehingga sel telur maupun sperma akan lebih siap bersatu. Sebagai antioksidan yang kuat, vitamin A juga mampu menangkal serangan radikal bebas terhadap dinding sperma dan sel telur. Bahan makanan yang diketahui tinggi kandungan vitamin A adalah hati, susu, kuning telur dan keju.

Vitamin B Kompleks
Mengandung semua vitamin B (B1, B2, Niasin, Biotin, B6, B12 dan folat), sangat berperan dalam pemulihan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sistem reproduksi, serta mengaktifkan hormon kelamin pria. Vitamin B kompleks juga mengandung asam folat yang memiliki khasiat untuk mempersiapkan pembuahan sel telur pada wanita dan mempengaruhi pembentukan sperma, juga mendorong nafsu seksual pada pria maupun wanita. bahan makanan sumber vitamin B kompleks antara lain sayuran berdaun hijau, ikan, hati, susu, daging, kepiting, kerang/ tiram , tuna, kacang-kacangan dan telur.

 Vitamin C.

Bagi Pria untuk menghasilkan sperma yang sehat, konsumsilah bahan makanan yang kaya asam lemak esensial (seperti ikan dan minyak tak jenuh ganda), vitamin A, B, C dan E serta mineral seng dan magnesium. Vitamin C dapat mengurangi kecendrungan sperma untuk ‘bergerombol’ didalam tubuh wanita yang pada akhirnya dapat menyebabkan ketidaksuburan


Seperti dikutip dari Babycenter, Selasa (15/12/2009) nutrisi yang sebaiknya dikonsumsi pria agar bisa meningkatkan kualitas sperma dan kesuburannya, yaitu:

1.Konsumsi makanan yang kaya vitamin C dan antioksidan.

Vitamin C merupakan antioksidan yang tangguh dan salah satu faktor penentu kesuburan.
Nutrisi ini bisa membantu mencegah sperma yang cacat dan meningkatkan motilitas (gerakan dari sperma). memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas merusak lapisan pembungkus sperma. Kekurangan vitamin C juga bisa menyebabkan sperma menggumpal yang tentu saja berpengaruh pada kemandulan .Sebaiknya konsumsi jus jeruk yang mengandung 124 miligram vitamin C atau minimal 90 miligram setiap harinya, tapi jika Anda merokok sebaiknya konsumsi 125 miligram vitamin C. Vitamin C juga ditenggarai mampu meningkatkan jumlah sperma sampai dengan lebih dari 140%.

Beberapa studi juga membuktikan, mengonsumsi vitamin C setiap hari ternyata meningkatkan kesuburan di kalangan pria perokok. "Vitamin C adalah antioksidan yang
membuat membran2 sel menjadi stabil dan ini bermanfaat baik bagi sperma,"
kata Larri.

2. Cukupkan konsumsi zink.
Beberapa penelitian menunjukkan dalam waktu jangka pandek, pria yang kekurangan zink dalam tubuhnya bisa mengurangi volume dari air mani dan kadar testosteronnya. Setiap hari setidaknya konsumsi 11 miligram zink yang bisa berasal dari kerang tiram, daging tidak berlemak (tenderloin), kacang yang dipanggang dan daging ayam hitam dan bayam

3. Memenuhi kandungan asam folat.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria dengan kadar vitamin B yang rendah bisa menurunkan jumlah sperma sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya pembuahan. Konsumsi asam folat setidaknya 400 mikrogram setiap hari yang bisa didapatkan dari  sereal, sayuran hijau, kacang polong dan jus jeruk dan bayam.

4. Meningkatkan asupan kalsium dan vitamin D.
Menurut penelitian dari University of Wisconsin di Madison, mengonsumsi 1.000 mg kalsium dan 400 IU (10 mikrogram) vitamin D bisa meningkatkan kesuburan seorang pria. Sumber kalsium yang baik adalah skim milk dan yogurt sedangkan untuk sumber vitamin D bisa dari susu dan salmon.

Perempuan yang mempersiapkan diri untuk hamil biasanya tahu cara mengatur suhu tubuh dan mengerti membaca tanda-tanda ovulasi. Akan tetapi, mereka seringkali tidak mempertimbangkan diet mereka. Diet, sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Makanan juga bisa berpengaruh positif dan negatif terhadap tingkat kesuburan.

Konsumsilah makanan yang kaya  gizi penyubur sistem reproduksi, yang  dimulai pada masa prakonsepsi (sebelum hamil).
seperti vitamin E, C, B12, asam folat, betakaroten, zat besi, seng, selenium, vitamin B6, dan kalsium. Vitamin E dipercaya mampu meningkatkan kemampuan sperma untuk bergerak mencapai sel telur

Konsumsi makanan kaya mineral, seperti oyster, shellfish, sarden, udang, unggas, daging yang tidak berlemak, keju, telur, beras merah, whole grain, hati, karena dapat meningkatkan produksi sperma.


Pilihlah whole grain

Agar tetap sehat, ada baiknya mengonsumsi lebih banyak whole grain dalam diet Anda. Anda bisa memilih atau memadukan oat, beras merah, whole wheat serta sumber karbohidrat kompleks lainnya. Makanan ini merupakan sumber energi sekaligus kaya akan vitamin B dan E. Kedua vitamin ini sangat penting dalam pembentukan sel-sel, produksi telur dan sperma yang sehat, serta mengatur keseimbangan hormon.

Makanan bagus lainnya

Bawang putih dan madu merupakan makanan yang bagus bagi kesuburan tapi seringkali tidak diperhatikan. Bawang putih kaya akan selenium, mineral yang diyakini bisa mengurangi kemungkinan keguguran pada perempuan serta juga meningkatkan kesuburan pada laki-laki. Selain itu, bawang putih juga mengandung vitamin B6 yang berfungsi menjaga keseimbangan hormon dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mungkin karena rasanya yang lebih enak, madu lebih dikenal sebagai makanan yang bisa meningkatkan kesuburan. madu kaya akan mineral-mineral dan asam amino yang bagus untuk sistem reproduksi dan fungsi indung telur.

Menerapkan diet sehat dan gaya hidup sehat bisa membantu meningkatkan kesuburan. Saat mengonsumsi makanan sehat yang bebas pestisida, gula, serta bahan olahan lainnya, Anda pastinya akan merasa lebih baik dan lebih berenergi. Jika memperlakukan tubuh dengan baik, maka tubuh juga akan membantu Anda dalam melakukan pembuahan.

(Dari Berbagai Sumber)



No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...