wellcome

Hi5 Layouts

Monday 27 December 2010

SEHAT DAN CANTIK DENGAN STRAWBERRY


Strawberry atau stroberi adalah tanaman umum dari genus Fragaria yang dibudidayakan di seluruh dunia. Namanya berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari streaw atau “straw” dan berige atau “berry”. Alasan pemberian nama ini masih tidak jelas. Strawberry disukai banyak orang, terutama karena aromanya yang khas, warna merah cerah yang kaya akan pigmen antosianin yang mengandung antioksidan tinggi dan juga senyawa-senyawa lain seperti serat, vitamin C, potasain dan asam ellagic,dll. Hal ini, menyebabkan strawberry memiliki berbagai khasiat yang tentu sangat baik untuk tubuh.
Dikonsumsi dalam jumlah besar baik dimakan langsung atau dalam makanan olahan seperti manisan, jus buah, pie, es krim, milk shake, dan sebagainya.

Bentuknya unik, persis seperti bentuk hati. Warna buah-nya yang sudah matang pun merah menggoda. Dan rasanya, luar biasa manis dan segar kalau anda beruntung mendapatkan yang kualitasnya tinggi. Harganya yang relatif mahal membuat strawberry menjadi buah elit
yang digemari. Karena itukah strawberry disebut buah cinta?

Ternyata tidak. Pada jaman Yunani kuno, buah yang satu ini diangkat resmi sebagai lambang dewi Cinta karena keberadaannya luar dalam.
Keindahan cinta waktu itu dilambangkan oleh warna, rasa, dan kebolehan buah ini. Sejak itulah buah ini menjadi terkenal.

Strawberry merupakan tanaman buah berupa herba yang rata-rata memiliki 200 biji kecil per satu buahnya. Ada 700-an macam jenis strawberry. Salah satu jenis spesiesnya bernama Fragaria chiloensis L. Jenis ini yang menyebar ke berbagai negara Amerika, Eropa dan Asia. Spesies yang lainnya yaitu F. vesca L. Yang satu ini lebih menyebar luas dibandingkan spesies lainnya. Jenis strawberry ini pula yang pertama kali masuk ke Indonesia.


Kandungan gizi  dan manfaat buah strawberry


Kandungan gizi buah strawberry segar dalam 160 gram mengandung : energi 50 kalori ; protein 1 gram; karbohidrat 11,65 gram; serat 3,81 gram; kalsium 23, 24 mg; magnesium 16,60 mg ; fosfor 31,54 mg ; potasium 44,82 mg ; selenium 1,16 mg ; vitamin C 94,12 mg ; folat 29,38 mg ; vitamin A 44,82 IU (Anonymous, 2005)
Kandungan yang terdapat dalam strawberry berikut manfaatnya antara lain adalah sebagai berikut :

1. Asam folat : penting untuk mencegah cacat tabung syaraf pada janin.

2. Vitamin B1, B2, C, dan provitamin A : membantu menghaluskan kulit, membuat kulit lebih cerah, dan mencegah pengeriputan.

3. Vitamin C : pertumbuhan anak, menjaga gigi dan gusi anak-anak tetap sehat, membantu penyembuhan luka dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi, serta sebagai antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker.

4. Asam ellagic : dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker.


 Khasiat strawberry Untuk Kesehatan


1. Strawberry mampu menyusutkan kadar kolestrol.

2. Strawberry  Sebagai pencegah Kanker
Mengkonsumsi buah ini setiap hari dapat mencegah terjadinya kanker karena buah ini mengandung vitamin A, C, E dan Asam Ellagic yang berfungsi melumpuhkan sel kanker dalam tubuh.

3. Strawberry dapat meredam gejala stroke.

4. Strawberry mengandung zat anti alergi dan anti radang.

5. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses  oksidasi pada tubuh
(Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses penuaan).

6. Strawberry yang kaya vitamin C sangat bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

7. Strawberry yang hanya sedikit mengandung gula juga cocok untuk diet bagi pengidap diabetes.

8. Strawberry yang dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal lainnya adalah anti keriput!

9. Strawberry ampuh melawan encok dan radang sendi.

10. Daun strawberry juga berkhasiat karena memiliki zat astringent. Zat astringent  ini efektif meredakan serangan diare. Dengan meminum Tiga hingga empat cangkir air hasil rebusan daun strawberry perhari, dapat efektif menghentikan serangan diare.

11. Strawberry mengandung zat anti alergi dan radang, melawan encok dan juga radang sendi. Delapan buah strawberry  (98mg) sehari mampu memenuhi kebutuhan serat harian Anda plus vitamin C yang dibutuhkan orang dewasa tiap hari.
12..Strawberry dapat mengatasi panas dalam. Jika tubuh merasa tidak enak, mungkin anda mengalami panas dalam. Hal ini tentu sangat menyebalkan bukan? Cukup dengan memakan buah strawberry atau membuatnya menjadi juice bisa menjadi minuman yang dapat mengatasi panas dalam.

13.Mencegah terjadinya Leukimia. Leukemia merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan dan buah strawbery dipercaya dapat mencegah terjadinya kanker sel darah ini.


Strawberry untuk Kecantikan


1. Strawberry yang dimakan teratur dapat menghaluskan kulit dan membuat
warna kulit terlihat lebih cerah dan bersih. Khasiat yang terkenal lainnya
adalah anti keriput! Karena selain Vit C, Strawberry juga mengandung banyak Vit E

2.  Strawberry dapat memutihkan gigi. Ingin mendapatkan gigi putih tanpa harus perawatan yang mahal? Cukup dengan menggunakan buah strawberry yang dihancurkan lalu gosokkan pada gigi anda.

3.  Strawberry dapat mencegah terjadinya penuaan pada kulit serta mengencangkan kulit. Buah ini mengandung vitamin B1, B2, C dan provitamin A yang dapat membuat kulit lebih halus dan mulus. Kulit menjadi lebih kencang, cerah dan bebas dari kerutan pada kulit.

4. Apakah kulit anda terlihat kusam? Ini berarti anda perlu mencerahkan kembali kulit anda. Hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah. Cukup dengan membuat masker strawberry. Buah strawberry yang mengandung asam salisilat sangat baik untuk kulit. Selain itu, zat antioksidannya membantu memperbaiki kerusakan kulit akibat lingkungan sekitar yang tidak baik. Asam ini juga dapat mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit kita



Cara untuk membuat masker strawberry tidak sulit. Berikut langkah-langkah membuat masker strawberry dan yang perlu dilakukan agar wajah anda terlihat cantik:
      1.  Lumatkan buah strawberry sampai hancur.
      2.     Tambahkan 1 sendok teh madu atau dapat diganti dengan yoghurt tanpa rasa.
      3.     Diamkan selama 30 menit.
      4.     Bilas dengan menggunakan air dingin.

Memakai strawberry ini dapat dilakukan seminggu sekali agar wajah tetap terlihat cerah dan cantik.

Khasiat-khasiat sampingan juga masih banyak terdapat pada buah ini. Untuk kesehatan, strawberry paling bagus dimakan dalam keadaan segar, baik utuh atau dibuat juice. Khasiatnya akan sangat berkurang  jika sudah dbuat selai atau bagian dari makanan olahan. Karena itu, usahakan mengkonsumsi strawberry fresh.

Hati-hati dalam menyimpan buah ini, karena strawberry yang sudah mulai busuk dapat menular dengan sangat cepat ke strawberry lain yang disimpan bersamaan. Strawberry dapat tahan 4 hari di lemari es. Tetapi di freezer, buah ini bisa bertahan selama 1 bulan dengan cara penyimpanan yang benar.

Atur strawberry secara satu-satu terpisah, lalu bekukan. Setelah beku, siram dengan air dan masukkan ke dalam plastik, lalu bekukan kembali. Cara menyimpan seperti ini cocok untuk membuat juice.

Dengan banyaknya kegunaan dan manfaat dari strawberry ini untuk tubuh  , yakinlah kita bahwa memang buah ini cocok disebut buah cinta. Buah yang dapat menjadi kado penuh cinta dari anda untuk kesehatan tubuh anda sendiri. Jadi tunggu apalagi, segera mengkonsumsi buah strawberry, selain rasanya yang unik juga memberikan manfaat yang luar biasa

(Dari berbagai sumber)

telah dibaca

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...