wellcome

Hi5 Layouts

Tuesday 2 August 2011

Cantik, Sehat dan Segar Dengan Tomat


Tomat (Solanum lycopersicum) ada dua macam yaitu tomat buah dan tomat sayur. Perbedaannya terletak pada bentuk dan ketebalan kulitnya. 
Kalau tomat buah, bentuknya agak lonjong dan kulitnya tebal. Sebaliknya, tomat sayur berbentuk bulat dan kulitnya lebih tipis. Tomat buah biasanya digunakan sebagai salad segar, dan langsung dikonsumsi tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Tomat jenis ini lebih tahan lama dibandingkan tomat sayur. 
Tomat sayur biasanya digunakan sebagai campuran sayur yang dimasak, dan tidak bisa tahan lama (cepat busuk). Akan tetapi, kedua jenis tomat ini sama-sama berkhasiat bagi tubuh manusia.

Selain sebagai penambah rasa dalam masakan, tomat juga ternyata memiliki manfaat lain bagi kesehatan dan kosmotik alami bagi kulit .

Masalah pori-pori besar pada kulit, jerawat dan juga masalah kulit kusam ternyata bisa diatasi dengan tomat. Untuk mempertahankan dan menjaga kesehatan kulit, dianjurkan untuk mengonsumsi banyak buah tomat dalam kondisi utuh.


Zat Lycopene dalam tomat  merupakan antioksidan yang bisa berkerja sebagai tabir surya dari dalam, dan menghambat terjadinya penuaan dini serta  membantu memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak dan juga  membuat warna kulit lebih merona.


Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bugar disarankan untuk sering mengkonsumsi buah tomat sebanyak 16 mg setiap hari. membantu mempertahankan kelembaban kulit terutama bagi mereka yang sering beraktivitas dalam waktu lama dalam ruangan ber AC.

Tomat Untuk Kecantikan 

Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak dan susah payah merawat  kecantikan di salon mahal. cukup konsumsi buah tomat setiap hari dan ikuti langkah-langkah sederhana di bawah ini, kulit Anda akan senantiasa sehat dan awet muda.

Berikut tipsnya seperti dikutip dari Times of India:

Mengecilkan pori-pori kulit yang besar

Pori-pori kulit yang besar memungkinkan kotoran mudah masuk dan menyebabkan terjadinya infeksi. Resepnya, ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran ini pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasi teratur akan mengecilkan pori-pori lebih cepat.

Menyembuhkan jerawat yang membandel

Cara 1 : 
Jerawat yang sering muncul adalah pertanda kulit yang tidak sehat dan kekurangan vitamin A dan C. Dengan mengkonsumsi tomat, tubuh mendapat suplay vitamin A dan C yang cukup sehingga jerawat dapat disembuhkan secara alami. 

Selain dikonsumsi, tomat juga bisa di oles ke jerawat. 

Caranya, potong tomat menjadi dua bagian dan oleskan pada wajah. Untuk jerawat parah masker tomat segar bisa digunakan. Buat bubur atau pasta tomat lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama satu jam. Bilas dan gunakan pelembab. Lakukan ini secara teratur atau sebanyak yang Anda bisa. Jerawat dijamin akan mengering dan kulit kembali mulus.

Cara 2 : 
Ambilah sebuah tomat yang telah direbus, kemudian potong-potong. Gosokkan potongan itu pada wajah yang berjerawat secara perlahan. Diamkan selama sepuluh menit. Setelah itu bilas wajah dengan air. Lakukan rutin selama satu bulan

Mengatasi kulit berminyak

Buat jus dengan bahan tomat dan ketimun kecil. Oleskan jus ke seluruh wajah, niscaya wajah tidak lagi menjadi berminyak.

Menghilangkan komedo

Komedo adalah salah satu yang membuat kulit wajah terlihat tidak menarik. Untuk menghilangkan komedo, buat masker tomat dan alpukat. Buah tomat akan bekerja sebagai penghilang komedo dan buah akpukat sebagai antiseptik dan pelembab muka. Cara membuat, tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan alpukat sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi alami ini bisa menenangkan dan membersihkan kulit, cocok untuk kulit berminyak dan kering. Kaya vitamin A, C dan E. Terapkan paket ini, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat.

Menyembuhkan kulit yang meradang

Kulit meradang bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya mungkin karena sengatan matahari langsung. Efek kulit meradang seperti kemerahan dan gatal-gatal pada kulit. Cara membuatnya, parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok makan yogurt polos. Oleskan ramuan ini pada wajah, leher, tangan dan kaki. Bilas setelah 20 menit. Tomat mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sementara yoghurt memberi protein yang sangat dibutuhkan kulit. lebih lembut dan kenyal.

Menghaluskan wajah

Sebuah tomat yang berwarna merah tua diperas. Oleskan airnya ke wajah berkali-kali setiap hari. Bisa juga tomat diiris lalu digosokkan ke wajah.

Menjadikan kulit lebih bercahaya

Buat pasta dari madu dan jus tomat. Oleskan pada wajah setiap hari selama 15 menit, pasta tomat bisa juga dioles ke bagian tubuh lain yang diinginkan. Dengan pemakaian teratur kulit dan wajah anda akan menjadi segar dan terlihat bercahaya.

Cara Membuat Masker Tomat  :
Satu sampai dua buah tomat yang  sudah dicuci bersih dihancurkan. Setelah itu ditempelkan pada wajah  yang sudah dibersihkan  agar  ekstrak tomat  lebih mudah  masuk dan diserap kulit , lalu dibasuh dengan  air biasa.

Setelah digunakan biasanya sari-sari tomat  akan meresap pada kulit wajah , sehingga wajah  menjadi segar  dan dapat mengatasi flek hitam pada wajah .

Untuk mengatasi mata  lelah.

Tomat  diiris. Sebelumnya biji tomat  dihilangkan terlebih dahulu dan dagingnya dipakai sekitar dua iris .

Selain itu juga dapat dicampurkan dengan bahan-bahan luluran.

Penggunaan tomat  dikombinasi dengan tepung beras yang sudah direndam lalu ditumbuk dan dicampurkan dengan kunyit atau asam. Tomat  dapat mengganti peran asam, karena asam dan  tomat  sama-sama dapat mengangkat kotoran pada kulit  sehingga permukaan kulit  menjadi bersih.

Untuk Mengencangkan Kulit

Untuk  mengencangkan kulit  bisa menggunakan bahan - bahan  seperti sayuran dan buah-buahan karena memang mengandung mineral. “Yang penting pemakaiannya harus benar, rutin dan tidak cukup dengan sekali perawatan sehingga memberikan efek dan hasil yang maksimal”. Untuk pemakaian jangka panjang yang teratur hasilnya dapat terlihat dan berfungsi sebagai antiaging karena nutrisi-nutrisinya terserap kedalam kulit , bahkan pemakaian masker tomat  secara rutin seminggu sekali dapat mengurangi kantung mata 

Tomat Untuk Kesehatan

Selain kaya vitamin C dan A, dan vit K . tomat konon dapat mengobati bermacam penyakit.
Kalau dirunut sejarahnya, tomat atau Lyopercisum esculentum pada mulanya ditemukan di sekitar Peru, Ekuador dan Bolivia. 

Di Prancis, tomat dinamakan ‘apel cinta’ atau pomme d’amour. Dikatakan sebagai apel cinta, karena tomat diyakini mampu memulihkan lemah syahwat dan meningkatkan jumlah sperma serta menambah kegesitan gerakannya.

DR. John Cook Bennet dari Wiloughby University, Ohio, sebagai orang pertama yang meneliti manfaat tomat, pada November 1834, menunjukkan bahwa tomat dapat mengobati diare, serangan empedu,gangguan pencernaan dan memulihkan fungsi lever. 

Peneliti lain dari Rowett Research Institute di Aberdeen, Skotlandia, juga berhasil menemukan manfaat tomat lainnya. Menurutnya, gel berwarna kuning yang menyelubungi biji tomat dapat mencegah penggumpalan dan pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. 

Hal ini juga diakui oleh dokter gizi, Dr. Leane Suniar Manurung, MSc
Melihat khasiat tomat begitu banyak, maka tomat baik dikonsumsi siapapun sejak usia dini. 

“Apalagi tomat juga tinggi kandungan vitamin C dan vitamin A, yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh.”  

 Tapi tomat seperti apa yang baik dikonsumsi?
 
Jika melihat dipasaran, kita bisa menemukan tomat dengan dua warna, yakni warna merah dan hijau. Perbedaan warna ini menunjukan kandungan vitaminnya. 

Menurut Leane, tomat yang baik dikonsumsi adalah tomat merah. Tomat berwarna merah mengandung vitamin C dan vitamin A lima kali lebih banyak dibandingkan dengan tomat hijau.Semakin matang tomat, semakin kaya kandungan vitaminnya.
 
“Karena itu anak kecil sebaiknya dibiasakan banyak makan tomat merah. Ini penting untuk kesehatan matanya,” ujar Leane. Jadi, tak pelu ragu memberi si kecil tomat. Sejak usia 6 bulan, seorang anak mulai dibiasakan memakan tomat yang dicampur dengan sayuran lainnya. 

Menghancurkan Radikal Bebas

Dalam pigmen warna merah pada tomat, mempunyai nilai lebih lainnya. Warna merah pada tomat lebih banyak mengandung lycopene, yaitu suatu zat antioksidan yang dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh akibat rokok, polusi dan sinar ultraviolet

Selain itu, belakangan diketahui lycopene juga berkhasiat membantu mencegah kerusakan sel yang dapat mengakibatkan kanker leher rahim, kanker prostat, kanker perut dan kanker pankreas. “Memang lycopene tidak hanya ditemukan pada tomat, tetapi juga pada anggur merah, semangka dan pepaya. Namun, lycopene yang paling banyak terdapat pada tomat,” terang Leane. 

Untuk mendapat khasiatnya, terutama untuk orang dewasa, lanjut Leane tomat sebaiknya dimakan setiap pagi sebanyak satu atau dua buah. Rasa asam pada tomat berasal dari kandungan asam sitrat menyebabkan tomat terasa segar, sehingga dapat menambah nafsu makan. Rasa asam ini sangat baik dokonsumsi saat kita mengalami mual atau dikonsumsi oleh para wanita yang mengalami PMS (Pre Menstrual Syndrome).
 
Jika tak kuat dengan rasa masamnya, terutama untuk yang  yang memiliki penyakit maag, Leane tak menyarankan mengkonsumsinya walapun dalam bentuk jus yang sudah ditambah gula, sebab akan memperburuk kondisi penyakit. 

Manfaat Tomat

Membantu menurunkan resiko gangguan jantung
Menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan.
Menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, payudara dan endometrium.
Memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia ( age-related macular degeneration).
Mengurangi resiko radang usus buntu.
Membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, dan mencegah kesulitan buang air besar.
Menghilangkan jerawat.
Mengobati diare
Meningkatkan jumlah sperma pada pria
Memulihkan fungsi lever.
Mengatasi kegemukan

Tips Mengolah Tomat Sebagai Obat

Untuk mengobati keseleo: 

Sembuhkan dengan ramuan tomat. Buah tomat diblender, lalu sarinya dicampur dengan minyak wijen, dengan perbandingan 1:1. Setelah itu, dipanaskan hingga tinggal minyaknya saja. Kemudian, minyak tersebut dipakai memijat sendi-sendi yang keseleo tadi.

Untuk mengobati bisul:

Ambil sebuah tomat. Lalu, seluruh daging dan biji tomat dipanaskan, dan diletakkan di atas bisul. Tak lama kemudian bisul itu pecah, dan sekaligus disembuhkannya.

Mengatasi gusi berdarah: sebuah tomat dicuci bersih, lalu dimakansegar-segar. Lakukan ini 1x sehari selama sebulan.

Mengatasi sembelit: sesekali minum jus tomat sesudah makan.


Lebih Baik Diolah

Berbeda dengan sayuran lainnya yang lebih bermanfaat jika dimakan mentah-mentah, ternyata tomat lebih baik dicampur dengan masakan atau dihancurkan sebelum dimakan. Para peneliti menemukan lycopene yang dikeluarkan pada tomat tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu. Sayangnya, meskipun kandungan lycopennya berlimpah, pasta tomat dan saus tomat yang dijual dipasaran sudah banyak dibubuhi bahan tambahan makanan seperti pewarna atau pengawet sintetis. ” Bahan tambahan ini justru merangsang munculnya banyak radikal bebas yang memicu kanker.

Tips Memilih Tomat

Pilih tomat yang matang berwarna merah tua.

Pilih tomat yang masih keras dan tidak ada bagian yang lunak. Jika ada bagian yang lunak, berarti ada bagian yang sudah mulai membusuk di dalamnya. 

Jangan pilih tomat yang kusam, pilih yang warnanya masih mengkilap.

Perhatikan pada pangkal tomat, jika berbau agak asam dan sudah mulai berarir, berarti sudah mulai terjadi pembusukan. Pilih tomat yang kulitnya masih segar dan belum keriput, untuk menandakan bahwa tomat tersebut masih baru.

Tomat yang akan digunakan sebagai bahan -bahan perawatan kecantikan harus benar-benar bagus . Pilihlah tomat yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu matang. Karena tomat yang terlalu matang  kandungan airnya sudah terlalu banyak .

(Dari berbagai sumber)
telah dibaca 

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...