wellcome

Hi5 Layouts

Tuesday 19 October 2010

Punya Gen Gemuk Bukan Berarti Tidak Bisa Kurus

Faktor genetik memang membuat orang lebih mudah menjadi gemuk. Tapi bukan berarti orang dengan gen gemuk tidak bisa kurus sepanjang hidupnya. Dengan olahraga, ia masih bisa menurunkan berat badan hingga 40 persen sekalipun memiliki gen penyebab kegemukan.

Beberapa orang memang memiliki kecenderungan untuk menjadi overweight (kelebihan berat badan) atau bahkan obesitas karena faktor genetik. Namun sebuah penelitian di Cambridge membuktikan, perubahan gaya hidup bisa mengimbangi pengaruh faktor tersebut.

Kesimpulan ini diambil setelah para peneliti melakukan pengamatan genetik terhadap 20.000 pria dan wanita usia 39-79 tahun. Beberapa di antaranya memiliki 12 penanda genetik yang terkait dengan Indeks Masa Tubuh (IMT) dan risiko obesitas.

Namun ketika dibandingkan dengan aktivitas sehari-hari, 12 penanda genetik itu ternyata tidak terlalu berpengaruh pada tingkat kegemukan. Kurang olahraga dan aktivitas fisik lainnya justru lebih menentukan risiko kegemukan.

"Temuan ini mematahkan mitos bahwa bagi sebagian orang, kegemukan itu tidak bisa dihindari," ungkap Dr Ruth Loos dari Medical Research Council yang memimpin peneltian tersebut, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (2/9/2010).

Dr Ruth menambahkan, seseorang tidak harus melakukan lari marathon untuk melawan risiko kegemukan. Berjalan-jalan atau sekedar berkebun saja dapat memberikan perbedaan yang nyata dibandingkan hanya diam saja dan menyalahkan faktor genetik yang memang tidak bisa dihindari.

Penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal PLoS Medicine edisi terbaru.

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...